Post Page Advertisement [Top]

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat datang sobat HTG! Kali ini ane akan membuat artikel seperti yang sudah tertera pada judul. Kira-kira bagaimana sih caranya? Langsung saja kita sikat!

Pertama-tama yang harus kalian siapkan adalah PC/Laptop, Smartphone, dan jaringan internet. Untuk melakukannya, kita membutuhkan aplikasi, aplikasi yang akan kita gunakan disini adalah PC Remote dari Monect. Silahkan unduh aplikasinya di Smartphone dan PC/Laptop anda.

Setelah diunduh dan dipasang, pastikan kalian terhubung di jaringan yang sama. Tenang gan, yang dimaksud terhubung di jaringan yang sama itu bukan berarti harus pake internet. Agan cukup terhubung ke WiFi yang sama atau agan tethering dari Smarphone ke PC/Laptop atau sebaliknya tanpa menyalakan sambungan data. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini!

P: "Gan, apa ada aplikasi lain yang bisa digunakan?"
J: "Ada gan, sejauh yang ane pribadi udah pernah cari sih ada 2 aplikasi yang cukup bagus. PC Remote dari Monect sama TeamViewer. Cuman untuk TeamViewer ane belum sempet pake, karena kalau TeamViewer harus menggunakan koneksi internet untuk memproyeksikannya."


  • Jalankan aplikasinya di PC/Laptop dan di Smartphone



  • Silahkan pilih "Connect" pada Smartphone untuk menghubungkan ke PC/Laptop. Nanti akan muncul perangkat yang tertera untuk dihubungkan seperti pada gambar


  • Setelah berhasil terhubung, silahkan pilih menu "Utility Tools" dan pilih "Remote Desktop" untuk mulai memproyeksikan


  • Beginilah hasil tampilannya. Selamat mencoba!


P: "Gan, kok hasil proyeksinya burik banget sih?"
J: "Tenang gan, hasil proyeksi sebenernya gk burik, ini karna kebetulan ane koneksinya pake jaringan internet. Kalo agan proyeksiin gak pake internet, terkadang jernih banget hasilnya."

P: "Kok punya ane stuttering parah sih gan? Minta solusi dong!"
J: "Wah, iya nih gan. Beberapa kasus juga ane terkadang begitu, solusi dari ane sih reconnect aja sampe gak begitu, terkadang restart aplikasi bisa juga berhasil."
P: "Tapi di ane udah dicoba restart ratusan kali masih sama gan, bahkan ane sampe pasang ulang aplikasinya masih sama."
J: "Waduh, kalo untuk itu sih, solusi dari ane, agan laporkan aja ke pihak developer-nya. Untuk sementara, ane belum punya solusinya."

P: "Gan, hasil audionya kok jelek ya, gak jernih."
J: "Wah, kalo itu sih bukan kesalahan ane gan, dari aplikasinya memang begitu."

P: "Kira-kira kalo fitur lain selain proyeksi layar apa aja gan? Jelasin dong!"
J: "Siap gan!"

P: "Gan, PC/Laptop ane gada WiFi nih, gimana dong?"
J: "Tenang gan, agan bisa pake aplikasi ini menggunakan kabel data. Jadi, nanti agan cukup menhubungkan Smartphone ke PC/Laptop pake kabel data dan hubungkan dengan USB Tethering."

Fungsi Fitur-Fitur


A. Utility Tools

  1. Projector
    Fitur ini adalah untuk memproyeksikan layar Smartphone ke PC/Laptop. Namun, perlu dicatat bahwa framerate-nya rendah, sehingga kurang nyaman untuk digunakan dan suara yang keluar tetap dari Smartphone (bukan di PC/Laptop).
  2. Data Cable
    Ya, selain bisa memproyeksikan layar, aplikasi ini juga bisa untuk transfer file antar perangkat menggunakan fitur ini tanpa perlu kabel data. Namun, transfer rate-nya tidak begitu cepat tapi lumayan dikala sedang tidak membawa kabel data.
  3. This PC
    Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengakses file dan folder yang ada pada penyimpanan PC/Laptop secara langsung lewat Smartphone, tapi fitur ini hanya sebatas kegiatan "Read" saja.
  4. Task Manager
    Ya, seperti namanya. Agan bisa mengakses task manager lewat Smartphone, cukup berguna ketika PC/Laptop agan bermasalah.
  5. Blackboard
    Fitur yang satu ini ane kurang paham untuk apa, ada suatu kasus dimana ane pake fitur ini dan dia memproyeksikan layar PC/Laptop ke Smartphone, tapi setelah itu fungsi "Remote Desktop" dan "Blackboard" tidak berfungsi dan hanya menampilkan layar hitam (blackscreen)/ Jadi, ane sarankan untuk tidak menggunakan fitur ini.
  6. Microphone
    Seperti namanya, agan bisa menggunakan Smartphone sebagai mic untuk PC/Laptop. Namun, suaranya delay dan hilang-hilang.
  7. Camera (UVC)
    Fitur ini untuk menampilkan layar yang tertangkap di kamera yang ada pada PC/Laptop anda, kalau PC/Laptop anda tidak ada kamera, ya tentu saja gak akan muncul.

B. Layouts

Pada bagian ini, agan bisa mengubah Smartphone menjadi wireless controller. Sudah tersedia beberapa controller default untuk game tertentu, tapi agan juga bisa menambahkan controller custom dengan memencet tombol "+" di pojok kanan atas.


C. Games

Ini adalah kumpulan game-game klasik bawaan dari aplikasi, ada cukup banyak dan lumayan untuk ngisi kekosongan waktu di kala gabut sembari bernostalgia.


D. Touchpad

  1. Touchpad (Tampilan Utama/Default)
    Di dalam kotak yang cukup besar itu adalah area cursor mouse, di samping kanan adalah scroll area, sedangkan untuk dibawah adalah tombol klik kiri, klik tengah, dan klik kanan mouse.
  2. Media
    Tombol yang berfungsi untuk mengatur volume PC/Laptop agan, juga bisa untuk play.pause, forward/backward, serta next/previous.
  3. Power
    Tombol untuk mengatur power PC/Laptop agan.
  4. PPT
    Tombol ini berfungsi sebagai remote wireless untuk presentasi Power Point.
  5. Web
    Tombol yang berfungsi untuk membantu agan berselancar di internet.
  6. Kamera
    Berfungsi sebagai kamera eksternal yang hasil jepretannya akan langsung muncul ke PC/Laptop agan.
  7. Keyboard
    Berfungsi sebagai keyboard eksternal, namun tetap dengan layout keyboard Smartphone agan.
  8. 3D
    Ini adalah fitur untuk membuat cursor mouse agan menggunakan fitur gyroscope dari Smartphone agan.
  9. Maximize/Minimize
    Membuat area touchpad pada Samrtphone diperbesar/diperkecil.
  10. More (Titik tiga)
    Agan bisa jelajahi sendiri untuk fiungsi yang satu ini, ada cukup banyak fitur yang tersedia.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, semoga bisa membantu bagi agan yang membutuhkan. Tentunya fitur-fitur di aplikasi ini sangat berguna bagi ane pribadi, selamat mencoba untuk agan semua. Salam sukses dan terima kasih atas kunjungannya!

No comments:

Post a Comment

Back to Top

Bottom Ad [Post Page]